Thema

Swadesi: Optimalkan identifikasi kapasitas diri, realisasikan semaksimalnya untuk diri dan lingkungan kita

Kamis, 17 Januari 2013

Tak Dapat Berkata-kata Saat Jatuh Cinta? Hormon Ini Penyebabnya


Vera Farah Bararah 

 
 
 
 
(Foto: Thinkstock)

Jakarta, Ada-ada saja perilaku orang yang sedang jatuh cinta, mulai dari sering senyum-senyum sendiri hingga tak nafsu makan. Tapi jika seseorang tak bisa berkata apa-apa saat didekat orang yang dicinta, mungkin hormon ini penyebabnya.

Diketahui ada banyak zat kimia yang berpengaruh di dalam tubuh ketika seseorang jatuh cinta. Para ahli mengungkapkan hormon seperti phenylethylamine or PEA, norepinephrine, dopamin, oksitosin, testosteron dan endorfin turut mempengaruhi apa yang dirasakan oleh seseorang.

Namun jika seseorang merasa detak jantungnya meningkat serta bingung harus berkata apa saat bersama dengan orang yang disuka, bisa jadi hal ini karena pengaruh dari hormon norepinephrine, seperti dikutip dari Health, Rabu (16/1/2013).

Helen Fisher, PhD, seorang biological anthropologist menuturkan hormon stres ini bertanggung jawab terhadap perasaan canggung, telapak tangan berkeringat, sulit mencari kata-kata, mulut kering dan sensasi butterflies-in-your-stomach.

Selain itu perubahan hormonal akan membuat suasana hatinya bergejolak tidak karuan yang kadang turut mempengaruhi kondisi fisik. Para ilmuwan mengungkapkan pusat kesenangan di otak akan menyala ketika seseorang jatuh cinta yang membuatnya seperti mabuk kepayang dan selalu gembira.

Meski orang yang sedang jatuh cinta kadang tidak nafsu makan, tapi ia tidak kekurangan energi karena tubuhnya berada dalam taraf energi yang tinggi akibat pelepasan dopamin dan zat kimia lain. Terkadang tingkat energi yang tinggi ini juga membuat seseorang jadi sulit tidur dan bahkan selalu memikirkan orang yang dicintainya.

Sedangkan hormon yang berperan meningkatkan gairah seksual saat sedang jatuh cinta seperti ingin menggandeng tangan lawan jenis adalah testosteron serta estrogen. Baik pada laki-laki maupun perempuan, hormon ini sama-sama berperan dalam hubungan seksual dan emosional.

Berikut ini beberapa tanda lain yang menunjukkan seseorang sedang jatuh cinta, yaitu:

1. Memiliki perasaan seperti ada ribuan kupu-kupu berterbangan di perut setiap kali berbicara atau melihat orang yang disuka.
2. Lebih peduli dengan penampilan dan selalu ingin terlihat baik serta dikagumi oleh orang yang disuka.
3. Terus menerus memikirkan orang tersebut dan tersenyum pada diri sendiri tidak peduli di mana Anda berada, seakan dunia hanya milik Anda saja.
4. Sudah mulai merindukannya bahkan setelah selesai berbicara dengannya di telepon.
5. Lebih sering mendengarkan lagu-lagu cinta dan menghubungkan dirinya dengan lirik tersebut.



Rabu, 16/01/2013 18:09 WIB

(ver/vit


(ver/vit)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar